Cara Mengatasi Handphone Basah



Siapa yang tidak sedih jika hp yang kita punya jatuh ke dalam air/basah.

Di dalam hati pastinya kita akan risau akan kondisi hp yang jatuh ke dalam air tersebut, apakah masih dapat di hidup kembali atau sudah rusak untuk selamanya..itulah pertanyaan kebanyakan orang pada umumnya.

Perangkat yang ada di dalam hp itu sangatlah sensitif terhadap suhu yang lembab dan basah karena dapat merusak sistem operasi di dalam hp yang akan berakibat hp menjadi error/rusak.

Tapi sebenarnya hp yang jatuh ke dalam air/basah masih dapat menyalah dan berfungsi seperti semulah, Asalkan sobat mengerti cara menanganinya yah.

Beriku akan saya berikan cara untuk mengatasi hp yang basah .  Hp yang basah tidak boleh langsung di nyalakkan untuk beberapa saat ya sob.


Cara Mengatasi Handphone  Basah




1.Matikan Handphone dan bongkar Casing


Jika Handphone sobat masuk ke dalam air segerahlah ambil kembali dan matikan, agar sistem operasi di dalam Handphone tidak terbakar dan korslet.

Banyak orang yang awam langsung memastikan apakah Handphone masih menyala atau sudah rusak setelah masuk ke dalam air, Akhirnya saat di nyalakkan Handphone menyala sebentar dan kembali mati.

Jika sudah menyala sebentar dan kembali mati, itu bertanda Handphone tersebut sudah terbakar/korslet. Cukup dengan mematikkan Handphone dan bongkar semua casingnya.



2.Lap Handphone


Ini adalah cara permulaan yang baik untuk menyerap seluruh air yang masih membasahi selurug casing yang dapat di jangkau oleh lap tersebut.

Usahakan mengelap dengan lembut, karena jika sudah basa komponen bisa menjadi rapuh dan akan mudah patah apabila mengelapnya terlalu kuat.



3.Cabut SeluruhPerangkat


Cabut seluruh perangkat yang menempel di dalam  Handphone sobat agar seluruhnya aman juga.

Perangkat yang dapat sobat cabut adalah cabut baterai, sim card, kartu memori lalu lap hingga kering menggunakan kain lap kering untuk mencega kerusakan pada perangkat tersebut



4.Gunakan Beras


Beras bersifat panas yang dapat menyerap embun-embun air yang berada di balik LCD pada Handphone kita, Dan Beras juga Memiliki fungsi sebagai penabur debuh agar seluruh mesin menjadi kering akibat debuh dari beras tersebut.

Beras juga memiliki fungsi yang sama dengan matahari, namun jika kita membuatnya langsung menjemurnya di bawah terik mata hari justru akan membuat Handphone menjadi rusak karena kepanasan.

Cara membuatnya juga mudah saja kok, dengan cara mengambil beras kira-kira sampai Handphone tenggelam di dalamnya 10 CM.



5.Sabar Menunggu


Kita harus menunggu kira-kira 3 hari agar embun-embunyang ada di balik layar LCD dapat kering semulah, jika kita terlalu terburu-buru maka tidak akan menghasilkan, malah akan membuat layar rusak eh...yang ada layar menjadi putih dan tidak tampak apa-apa atau akan tampak bekas air di balik layar LCD



6.Carger Handphone


Setelah melakukan langkah-langkah di atas lalu sobat Mengisi daya Handphone yang sudah kering tadi kira-kira 4 jam atau hitung pengecasan sobat seperti biasa sampai full, tetapi jangan duluh di hidupkan.

Tujuan mengisi dayah baterai untuk menyalurkan tenaga kepada komponen yang sudah mati beberapa hari dan kembali berfungsi seperti biasanya.



7.Hidupkan Handphone 


Kira-kira seluruh langkah di atas sudah semua di lakukan baru sobat bisa menyalakkan Handphone sobat, pastikan seluruhnya tidak ada yang mengalami masalah.

Pastikan Fitur-fitur yang ada di dalamnya berfungsi seperti utuh.

Jika sobat melakukannya dengan benar cara ini akan berfungsi maksimal untuk mengatasi Handphone yang basah. Dan cara ini juga sudah di lakukan oleh banyak orang namun hanya sebagian cara saja yang mereka tauh, alias tidak semuanya.


Semoga cara yang saya berikan  kali ini dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang mengalami dan untuk berjaga-jaga apabila Handphone sobat basah.

Selamat Mencoba dan semoga berhasil



0 Response to "Cara Mengatasi Handphone Basah"

Post a Comment